/* */ Perlukah Anda Tau Akan Bahaya Sinar Biru Smartphone ?

Perlukah Anda Tau Akan Bahaya Sinar Biru Smartphone ?

Advertisement
Advertisement
Penggunaan smartphone yang seolah lumrah membuat kita tidak sadar dengan bahaya yang mengintai, Sebut saja dampak buruk yang dihasilkan oleh sinar biru(blue light)ketika bermain smartphone, terutama penggunaan di malam hari. Potensi menyebabkan kerusakan pada mata itu sangat mungkin.


Mata anda mungkin mengalami kelelahan ketika bermain smartphone di malam hari, apa karena mata anda minus ? Tidak, itu merupakan efek dari sinar biru yang dipancarkan melalui layar smartphone. Bahkan ada kemungkinan yang jauh lebih buruk, yaitu membuat mata anda benar-benar minus.

Pada hari ini saya mau mengajak anda untuk menjadi pengguna yang bijak dalam menggunakan smartphone. Di mulai dari hal yang sering kita lupakan, yaitu tantang bahaya blue light serta bagaimana cara menanggulanginya.

Walau pada kenyataan nya tidak ada solusi untuk terlepas dari masalah ini, setidaknya kita perlu menekan se minimal mungkin resiko yang di picu oleh blue light.

1. Gunakan aplikasi pelindung mata

Keberadaan aplikasi pelindung mata merupakan bentuk antusias programmer terhadap bahaya sinar biru pada layar smartphone. Silahkan gunakan aplikasi-aplikasi pelindung mata agar anda tidak terkena dampak yang lebih buruk.

diantara aplikasi-aplikasi pelindung mata yang bisa anda gunakan adalah;

1. Eyes Protector (Night Mode)
2. Bluelight Filter - night mode

2. Hindari penggunaan smartphone terlalu dekat.

penggunaan smartphone terlalu dekat dapat membuat mata anda bekerja dengan sangat keras dalam mencari titik fokus, maka semakin banyak pula energi yang anda buang. Imbas-nya mata anda akan cepat merasa lelah.

3. Hindari Penggunaan smartphone terlalu lama

Hindari se-bisa mungkin penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang sangat lama, tanpa alasan apa pun bahkan ketika anda sedang bermain game. Hal ini lebih baik dilakukan dari pada anda menyesal di kemudian hari. Sebaik-baiknya tindakan lah adalah dengan meredam rasa egois.

4. Kedip-kan mata anda sesering mungkin.

Sangat dianjurkan agar anda mengedipkan mata anda ketika bermain smartphone, secepat mungkin. Bila perlu luangkan waktu anda sejenak untuk memanjakan mata anda dengan cara beristirahat.

Penutup

Dampak buruk dari radiasi smartphone yang paling dekat kemungkinannya adalah dapat merusak mata, sayangi mata anda begitu juga diri anda untuk masa depan yang lebih baik. Jangan sia-siakan kesempatan yang tidak mungkin di dimiliki orang lain..


Advertisement