/* */ Pilihan Merek atau Brand Joystick (Android Game Controller)

Pilihan Merek atau Brand Joystick (Android Game Controller)

Advertisement
Advertisement
Beralih sejenak dari menyinggung brand smartphone yang semakin menumpuk tidak karuan, kali ini saya mau share deretan brand joystick (wireless game controller) yang jarang banget kita dengar. Lumayan lah buat bacaan kalo nanti punya rencana untuk memboyong joystick, apalagi jika device kita mempunyai spesifikasi yang tangguh untuk bermain game, bukan tidak mungkin lagi untuk menyulap device kita menjadi Playstation vita hehehe.

Semenjak tau (eh) android bisa menggunakan joystick untuk bermain game yang telah saya singgung pada postingan sebelumnya, semenjak itu juga saya mulai montang manting mencari brand atau vendor joystick. Harapannya sih jelas ya semoga ketemu sama brand yang serius memproduksi joystick, walau belum tentu mau beli juga HaHaHa.

Memang kalo saya pribadi lebih menjadikan brand sebagai alasan untuk membeli sebuah produk, tapi bukan berarti saya fansboy loh. Hal ini berdasarkan pasar Game Controller masih dalam skal kecil. Dengan kata lain sebuah brand sangat dibutuhkan minimal sebagai bentuk keseriusan.

1. iPega

Brand pertama adalah iPega. Kalo dilihat dari jumlah joystick yang diproduksi sudah sangat mungkin brand ini bukan brand ecek - ecek (kacangan). Joystick hasil produksinya pun bervariasi tinggal bagaimana dompet kita saja. Diantara variant joystick besutannya yang paling saya demen adalah ipega 9023 dengan kisaran harga RP350.000 - 450.000 (riset lazada indonesia).

ipega 9023
Untuk melihat berbagai macam kontroler besutan ipega silahkan kunjungi situs resminya www.ipega.hk/

2. Moga


Opsi lain dari ipega adalah brand moga. Belum bisa ngambil kesimpulan juga sih mana yang lebih baik antara Moga dan ipega, begitu juga dengan unit hasil produksi lebih banyak mana antara kedua brand tersebut. Tapi yang jelas Brand Moga termasuk brand yang berkecimpung dalam pasar wireless controller sama seperti ipega. Jelas sekali bukan brand ecek-ecek ya.

Moga Pro
Untuk melihat berbagai macam kontroler besutan brand Moga silahkan kunjungi situs resminya : http://www.mogaanywhere.com/

3. 8Bitdo


Disisi lain brand 8Bitdo juga turut meramaikan persaingan pasar wirelles controller dengan produknya yang anti mainstream. Pasalnya, desain yang dibawa oleh 8Bitdo cenderung mungil untuk ukuran sebuah kontroller. Kalo tidak percaya coba deh liat salah satu joystiknya;

8Bitdo Zero

Untuk saat ini hanya joystick dari ketiga brand diatas yang sudah bisa dipesan dari toko online indonesia, terutama untuk produk ipega yang semakin mudah kita temukan karna pasarnya sudah cukup luas. Sedangkan di luar sana tidak sedikit juga brand yang memproduksi joystick, tapi mau gimana lagi kalo tidak masuk pasar indonesia, kan ?


Advertisement