/* */ Bermain Game Di Android Menggunakan Joystick

Bermain Game Di Android Menggunakan Joystick

Advertisement
Advertisement
Pernah ndak kepikir bagaimana bermain game Android menggunakan joystick ? Emang apa sih joystick ?? Buat yang belum tau nih, joystick merupakan hardware tambahan yang biasa digunakan sebagai kontroler untuk bermain game. Mungkin kita lebih mengenalnya sebagai stick (dibaca stik) yang menjadi bagian dari sebuah Playstation.


Nah loh pasti bakal asik banget nih jika bisa bermain game android menggunakan stik, apalagi untuk kriteria game seperti GTA atau FIFA, pasti bakal jos gandos sensasinya seperti main game di Playstation. Tapi emang bisa ? ya tentu bisa sob !!

Berawal dari rasah "kurang puas" bermain game menggunakan layar sentuh, akhirnya saya googling berharap menemukan jalan alternatif atas rasa "kurang puas" ini. Tetapi sebelumnya saya sudah mengenal joystick sih (pengalaman di pc) jadi tanpa perlu repot repot lagi saya langsung membidik kata kunci "joystick untuk Android". Eh ternyata memang ada.

Ada dua macam cara yang bisa ditempuh untuk mengintregasikan stick dengan smartphone kita, tentu hal ini menyangkut soal konektivitas yang akan digunakan, pertama dengan menggunakan kabel OTG, yang kedua dengan menggunakan Bluetooth.

OTG.

Sumber Gambar : infinigex

Dengan menggunakan konektivitas ini bahkan bukan hanya joystick saja, tetapi juga stik PS bisa kita gunakan untuk bermain game di Android. Tapinya, ada tapinya loh, tidak semua smartphone  mendukung OTG, apalagi untuk hape kelas menengah kebawah (kacangan bang). Lagian juga jaman sudah modern masa masih pake kabel? Ndeso ah :D

Bluetooth.

Sumber Gambar : media.gadgetsin

Nah yang terakhir menggunakan teknologi bluetooth yang memang tengah booming digunakan oleh berbagai macam hardware.. Malah kalo kita bandingin dengan OTG, keuntungan yang di dapatkan lebih banyak saat menggunakan bluetooth

keuntungan pertama karena joystick untuk android memang di desain menggunakan bluetooth, Sehingga banyak pilihan joystick dari berbagai vendor yang siap kita boyong. Yang Kedua karena kita tidak perlu ribet melakukan konfigurasi manual, cukup hidupin bluetooth dan konek, beres !!

Biar tambah lengkap mending kita cari tau dulu yuk macam macam vendor joystick, siapa tau diantara kita ada yang mau beli -> Pilihan Merek atau Brand Joystick (Android Game Controller)

Advertisement