/* */ Tips Menghilangkan Virus Adware DI Android Secara Manual Dan Permanen

Tips Menghilangkan Virus Adware DI Android Secara Manual Dan Permanen

Advertisement
Advertisement
Punya Smartphone Android seperti sarang iklan ? Banyak spam iklan yang menyampah di notifikasi, beranda bahkan iklan yang menutupi layar berupa iklan PopUp, tentu hal ini sangat menyebalkan selain dapat mengganggu aktifitas kita sehari - hari.



Pada umumnya iklan di android hanya terbenam pada sebuah aplikasi dan berjalan pada aplikasi itu pula, biasanya ketika aplikasi yang memasang iklan di buka, maka iklan nya juga ikut tampil. Namun bagaimana jika iklan selalu tampil tanpa tersekat oleh aplikasi apa pun. nah yang ini sudah termasuk virus jenis adware. Kita harus lebih teliti lagi untuk mengatasi masalah ini, karena proses nya berjalan sangat transparan.

Iklan yang menyampah di Notifikasi

Pada era Android KitKat (4.0) ke atas, kita dengan sangat mudah mengidentifikasi jenis iklan yang bersarang di notifikasi. Cukup tahan iklan di notifikasi tersebut sampai keluar opsi pilihan. Kita pilih info aplikasi maka kita akan di bawah ke pengaturan aplikasi. Sampai sini kita sudah tau dari mana sumber iklan itu, tinggal kita hapus virusnya dari menu tersebut.

Android Menginstall Aplikasi Sendiri

Pada kasus ini sebaiknya jangan salah sangka dulu, bisa jadi Android menginstall aplikasi sendiri karena proses update otomatis yang di lakukan oleh "Play Store" bukan karena virus. Namun virus juga kadang memanfaatkan cara ini untuk mengambil keuntungan.

Sebelum berfikir kalo Android kita terkena virus, sebaiknya kita cek dulu sistem "Update Otomatis" di Play Store. Caranya buka Play Store, pergi ke pengaturan dan klik "Perbarui Secara Otomatis". Kemudian pilih "Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis" untuk menonaktifkan proses pembaruan aplikasi.

Jika masih Berfikir sumbernya bukan dari Play Store namun ada aplikasi dari pihak lain maka yang patut di curigai adalah aplikasi jenis "Market". Coba untuk menghapus semua aplikasi berjenis market dari Android kalian selain Play Store.

Pop-Up Iklan Di Mana - Mana Dan Menutupi Layar

Ini yang menurut saya sangat menyebalkan. Iklan jenis ini bisa di bilang egois memaksa agar dirinya terlihat oleh pengguna. Jika iklan Pop-Up ini hanya mucul pada saat aplikasii di jalankan misalnya Aplikasi "Maps". Maka ketika kita menutup aplikasi "Maps" iklan ini juga tak muncul. Yang jadi masalah Pop-Up ini terus menerus muncul di layar tanpa tersekat oleh aplikasi apa pun, misal lagi dengar music atau facebookan dll.. Ini baru namanya virus.

Saya punya gambaran sendiri jenis Pop-Up seperti ini biasanya di tampilkan oleh aplikasi Launcher. ya karena aplikasi Launcher berjalan secara realtime. Jadi bisa di katakan Pop-up ini bebas muncul di mana saja karena Aplikasi Launcher tidak pernah tertutup oleh aplikasi lain. So salah satu cara mengatasi iklan Pop-Up ini coba ganti launcher kalian dengan yang lain dari sumber yang terpercaya.

Semua cara di atas masih gak Mempan ?

Pertama sekali scan dengan antivirus. Disini saya punya rekomendasi antivirus yang sangat ampuh dan terbukti dapat memantau aktivitas yang berhubungan dengan virus jenis adware. Kalian bisa menginstall nya secara gratis di Play stroe dengan keyword "Malwarebytes Anti-Malware".

Kenapa saya menyarankan aplikasi ini ? Pertama karena aplikasi ini menampilkan proses yang sangat akurat serta jangkaunnya yang begitu luas. Walaupun tanpa akses root, antivirus ini dapat membaca folder sistem. Selain itu aplikasi ini mempunyai dukungan dari forum yang sanagt besar.


Setelah selesai menginstallnya. kita buka aplikasi nya dan aktifkan sebagai Aplikasi administrator.


setelah itu klik "Fix Now" untuk melakukan proses Scanning.


Tunggu sampai prosesnya selesai.


Dari gambar di atas Antivirus berhasil melacak keberadaan virus di smartphone kita, kita tinggal klik Delete untuk menghapus Virus tersebut.

Tidak bisa di hapus !

Bug pada aplikasi ini kadang tidak bisa menghapus virus secara otomatis. jadi kita harus menghapusnya secara manual. Caranya lihat "Lokasi" di mana virus itu berada pada informasi hasil scan tadi. Lihat gambar.


Kemudian pergi ke "Lokasi penyimpanan" tersebut menggunakan aplikasi File Manajer. dan kita bisa menghapusnya secara manual.

Virus di Folder sistem

Nah pada kasus ini lumayan repot jika device kita belum "rooted". Namun kita bisa menggunakan fasalitas "Disable service" yang telah di berikan oleh sistem secara default untuk android 4+.


Sama seperti di atas namun kali ini kita cukup mengingat nama virusnya saja. Kemudain pergi Pengaturan > Aplikasi dan beralih ke tab semua aplikasi. Cari dan pilih nama apliaksi yang di konfirmasi sebagai virus tadi. Kemudian klik "Nonaktifkan"


Jangan lupa untuk kasih tau ke teman mu.

Advertisement