/* */ Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi Android

Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi Android

Advertisement
Advertisement


Aplikasi yang berjalan pada sistem Android sebagian besar menggunakan fasilitas Pemberitahuan untuk menampilkan pesan kepada pengguna.

Tak lain tujuan dari fasilitas ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi tanpa harus membuka aplikasi yang bersangkutan.

Misal Aplikasi SMS ketika mendapatkan pesan baru, maka akan terlihat notifikasi sebuah pesan baru tanpa perlu kamu melihatnya dari Aplikasi SMS, tapi cukup dari panel notifikasi.

Namun terkadang kita juga "risih" dengan Notifikasi yang sifatnya "spam" alias menyampah. Biasanya kita temukan iklan di panel notifikasi yang hampir setiap hari, bahkan setiap jam.

Pertama sekali silahkan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi. Kemudian pilih pada Aplikasi yang hendak akan kita nonaktifkan pemberitahuan nya.


Sampai kalian akan di hadapkan dengan menu "Info Apl" kemudian hilangkan ceklis pada "Tampilkan Pemberitahuan". Nanti kalian akan melihat Pop-Up resiko jika kalian mematikan pemberitahuan dari sebuah aplikasi.


Jika kalian yakin ingin Menonaktifkan pemberitahuan dengan sudah mengetahui resikonya. Maka tekan "Oke" sehingga tampilan akhirnya akan seperti ini.


Cara di atas bisa kamu lakukan jika kamu tau Aplikasi mana yang menurut mu layak untuk dimatikan Pemberitahuan nya. Tapi bagaimana jika kita tidak tau sumber pemberitahuan itu berasal. Biasanya hal semacam ini identik dengan pemberitahuan berupa "iklan" yang cenderung tidak menampilkan sumbernya.

Untuk kasus demikian kalian hanya perlu menekan lebih lama pada Pemberitahuan yang kita maksud (sumber tidak jelas). Sehingga sistem akan menampilkan "icon" Aplikasi yang menampilkan pemberitahuan tersebut.

Kemudian disamping sebelah kanan terlihat "icon notice" yang akan menghantarkan anda ke Pengaturan "Info aplikasi".


Selanjutnya silahkan lakukan seperti cara yang sudah saya jelaskan di atas.


Advertisement